Senin, 08 November 2010

Perilaku Orang Tua Penentu Sifat Anak

Seorang bayi yang baru lahir ibarat secarik kertas putih, tergantung orang tuanya yang akan memberikan warna apa pada kertas tersebut. Bimbingan dan didikan orang tua sejak anak masih bayi hingga dewasa merupakan factor utama dalam pembentukan tabiat dan perilaku anak.

1. Apabila orang tua menggunakan bahasa Sunda dalam percakapan sehari-hari, maka anakpun akan bisa berbicara dengan bahasa Sunda.
2. Apabila orang tua mengajarkan makan menggunakan tangan kanan, maka anak juga akan terbiasa makan dengan tangan kanan.
3. Apabila orang tua senang membicarakan kejelakan orang lain, berarti orang tua melatih hati anaknya bersifat dengan dan buruk sangka.
4. Apabila orang tua melakukan pelanggaran lalu lintas didepan anaknya, berarti orang tua sedang mengajarkan ketidak disiplinan pada anak. Dan jangan heran jika suatu hari kelak si anak juga tidak patuh pada perintah orang tuanya.
5. Apabila orang tua berkata kasar dan bersikap sombong didepan anak, maka kelak si anak juga akan berkata kasar dan sombong terhadap orang lain bahkan terhadap orang tuanya sendiri.

Jika orang tua mengajarkan perilaku yang baik, maka anakpun akan berperilaku baik. Demikian juga sebaliknya. Jadi berhati-hatilah dalam mendidik anak, berikanlah contoh yang baik sehingga bisa menjadi anak yang dapat membanggakan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar